Ratusan Siswa MTsN Kota Madiun Ikuti Latihan Manasik


 



Madiun - Ratusan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Madiun mengikuti pelatihan manasik haji di Wisma Haji Kota Madiun, Kamis (6/6/2024). 850 siswa itu, semuanya mengenakan pakaian berwarna putih.


Kepala MTsN Kota Madiun, Bambang Wiyono mengatakan, kegiatan tersebut diikuti siswa kelas 7 dan 8 setelah semuanya tuntas mengikuti ujian penilaian akhir tahunan. Bambang mengatakan, latihan manasik haji itu bertujuan mensyiarkan jemaah haji seluruh dunia yang saat ini berada di tanah suci, menjelang wukuf di Arafah.


“Disamping itu juga sebagai bentuk praktik pembelajaran pelaksanaan haji nyata di lapangan, sehingga harapan kami mereka termotivasi, dan tergugah bahwa umat muslim wajib menunaikan ibadah haji terutama bagi yang mampu,” katanya.


Sebelumnya, para siswa ini telah dibimbing tata cara ibadah haji oleh guru pembimbing. Sehingga saat hari H pelaksanaan, mereka antusias mengikuti rangkaian kegiatan latihan manasik haji hingga tuntas.


“Alhamdulillah anak-anak bisa mengikuti sesuai dengan arahan guru pembimbing, dimulailah kegiatan wukuf yang seolah-olah berada di padang Arafah, kemudian bermalam di Muzdalifah sampai urutan terakhir. Dan alhamdulillah semua bisa berjalan lancar,” tegasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama